PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK BARU PADA PT. CAHAYA SAKTI MULTI INTRACO DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS KEPUASAN KONSUME

Ekaterina Setyawati
Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik
Universitas Sahid Jakarta

PT. Cahaya Sakti Multi Intraco adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang furniture, dimana perusahaan memproduksi barang hampir di seluruh propinsi di Indonesia. Sampai saat ini, PT. Cahaya Sakti Multi Intraco telah memiliki ribuan cabang distributor produk Olympic baik untuk konsumen perusahaan maupun konsumen rumahan. Walaupun setiap tahunnya PT. Cahaya Sakti Multi Intraco banyak menjual produk furniture, timbulnya perusahaan-perusahaan pesaing baru yang bergerak dibidang furniture dapat merebut hati dari para pelanggan atau konsumen yang membeli furniture Olympic.
Bertolak dari permasalahan yang ada, kemudian dilakukan penelitian pasar secara umum penelitian akan digunakan untuk merancang desain produk furniture yang tepat. Untuk diterapkan sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan untuk menarik pelanggan baru serta menjaga loyalitas pelanggan sehingga dapat menjadi lifetime costumer, yaitu dengan cara mengidentifikasikan sasaran konsumen, kemudian mengidentifikasikan faktor-faktor atau atribut yang paling berpengaruh dalam diri konsumen yang berkaitas dengan keinginan dan kebutuhan konsumen akan produk furniture, serta menentukan strategi pemasaran berdasarkan pengolahan data dalam rangka meningkatkan penjualan yang lebih baik lagi dengan mempertimbangkan lingkungan masyarakat dan pesaing yang erat kaitannya dengan adanya diferensiasi terhadap produk yang dilakukan dapat menyesuaikan selera konsumen, terlebih dahulu perusahaan memperhatikan harga agar dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat serta kesesuaian terhadap produk baru atas terjadinya pengembangan dari produk yang ada dan kualitas yang baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Analisis SWOT adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan yang ada pada perusahaan, baik di dalam perusahaan maupun diluar perusahaan.
Hasil analisis SWOT dam matrik IE (Internal – Eksternal) menunjukkan bahwa indikasi adanya peluang bisnis berkaitan dengan kemampuan yang ada pada PT. Cahaya Sakti Multi Intraco, maka alternatif strategi yang disarankan sesuai dengan analisis terhadap perusahaan diharapkan meningkatkan penjualan, faktor yang mendukung pihak perusahaan dalam meningkatkan penjualannya dan dapat mengungguli produk pesaing adalah dengan adanya diferensiasi yang dilakukan tepat dan terarah.

Kata kunci : Analisa SWOT, Matrik IFAS dan EFAS, Deferensiasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar